1.2.1. Refleksi dan perencanaan kebutuhan pengembangandiri untuk peningkatan kepemimpinan satuan pendidikan yang berpusat pada peserta didik
1. Dokumentasi Refleksi Diri Kepala Sekolah
2. Rencana Pengembangan Diri Kepala Sekolah
3. Sertifikat atau Bukti Pelatihan Pengembangan Kepemimpinan
4. Evaluasi Kinerja dan Umpan Balik dari Staf dan Peserta Didik
5. Dokumentasi Implementasi Perencanaan Pengembangan Diri
6. Dokumentasi Pembinaan atau Mentoring
7. Partisipasi dalam Komunitas Profesional
8. Evaluasi dan Refleksi Pasca-Pelaksanaan Inisiatif Pengembangan
9. Pencapaian dalam Pengelolaan Pembelajaran yang Berpusat pada Peserta Didik
1.2.2. Cara adaptif melakukan pengembangan diri untuk meningkatkan kepemimpinan satuan pendidikan yang berpusat pada peserta didik
1. Dokumentasi Pengembangan Kepemimpinan Melalui Pelatihan Adaptif
2. Refleksi dan Penerapan Pengalaman Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL)
3. Penggunaan Teknologi dalam Kepemimpinan dan Pembelajaran
4. Dokumentasi Adaptasi Kepemimpinan dalam Situasi Krisis
5. Program Pembinaan Staf yang Fleksibel dan Responsif
6. Kebijakan Pengembangan Kurikulum yang Responsif
7. Membangun Jejaring Kolaboratif dengan Komunitas Pendidikan
8. Evaluasi dan Adaptasi dari Umpan Balik Peserta Didik
9. Dokumentasi Adaptasi terhadap Perubahan Kebijakan Pendidikan
1.2.3. Penerapan hasil pengembangan diri yang berkelanjutan untuk perbaikan kualitas kepemimpinan satuan pendidikan
1. Dokumentasi Implementasi Kepemimpinan Berdasarkan Pembelajaran yang Diperoleh
2. Penerapan Kepemimpinan yang Berfokus pada Peningkatan Kualitas Pembelajaran
3. Dokumentasi Penggunaan Pendekatan Berbasis Data dalam Pengambilan Keputusan
Sebagai satuan pendidikan, sekolah perlu melakukan pengambilan keputusan yang objektif, tepat sasaran, dan terukur. Untuk itu, data dari Rapor Mutu Pendidikan menjadi dasar penting dalam menentukan langkah perbaikan. Pendekatan berbasis data digunakan untuk mengidentifikasi masalah, menganalisis akar penyebab, menetapkan prioritas program, serta memonitor dampaknya terhadap peningkatan kualitas pembelajaran.
4. Penerapan Pengelolaan Sumber Daya yang Efektif dan Efisien
5. Pemanfaatan Teknologi untuk Meningkatkan Pembelajaran
6. Dokumentasi Program Penguatan Kepemimpinan Sosial dan Emosional
7. Penguatan Kolaborasi dengan Stakeholder Sekolah
8. Evaluasi Diri dan Pengembangan Berkelanjutan
9. Pencapaian Peningkatan Kualitas Pembelajaran dan Prestasi Peserta Didik